Minggu, 09 November 2008

Kolam Ikan Lele Menggunakan Terpal.

Sebetulnya banyak sekali sumberdaya di sekitar rumah kita,maka dari itu kita harus memanfaatkannya dgn benar, salah satunya jika kita mempunyai lahan kita bisa bikin kolam ikan,tapi jika kita tidak punya kita bisa sewa per tahun. Jika kita sewa lahan kita bisa nego harganya pada pemiliknya tergantung dimana kita menyewanya.

Berikut ini saya tunjukkan bagaimana cara bikin kolam ikan dgn biaya yang murah, kuat dan juga tahan lama. Jika anda tidak bisa bikin sendiri sebaiknya anda menyuruh orang yang sudah biasa mencangkul, karena pekerjaan ini membutuhkan tenaga yang berat.

Pertama.

Tentukan ukuran kolam Minimal 8M x 7M, dengan kedalaman minimal 1,2M. Tancapkan kayu pada keempat sudut untuk meletakkan benang agar tampak lurus.

Gemburkan tanah yang ada di dalam kolam kemudian campur dengan air secukupnya lalu di ilas, jangan terlalu banyak air nantinya akan mengalami kesulitan untuk membuat gundukan.

Buat gundukan seperti gambar di samping tinggi lebih kurang 0,7M, gundukan boleh dibuat agak miring, karena kalau miring bisa mengurangi resiko longsor pada waktu hujan.

Kedua.

Setelah gundukan agak kering, rapikan sisi kolam bagian dalam dengan menggunakan solet supaya tampak rapi dan tidak ada benjolan ataupun bekas akar tanaman yang nantinya bisa mengakibatkan kebocoran pada terpal.

Ratakan tanah di dasar kolam hingga rata, jika perlu bisa di timbang dengan air. Sisakan sedikit tanah di dalam kolam yang nantinya akan digemburkan.

Ketiga.

Sebelum dipasang terpal seperti pada gambar, buat galian ditepi dasar kolam lebar 10cm dengan kedalaman juga 10cm keliling kolam.

Pasang terpal keliling kolam, sebaiknya dilakukan oleh tiga orang satu diatas menancapkan bambu pada terpal di tanah satu menggelar terpal dan satunya lagi meimbun terpal yang sudah di masukkan pada galian tadi.

Buat sambungan terpal ditengah-tengah dan lipat dengan rapi pada bagian pojok kolam kemudian beri lem yang tahan dengan air.

Pada sambungan terpal lipat seperti pada lipatan kaleng dan beri lem pada setiap lipatannya. Terpal terpasang lalu gemburkan tanah yang disisakan kemudian ratakan ke semua bagian dasar kolam.

Jika perlu, sebelum diratakan anda bisa meletakkan plastik / terpal didasar kolam jika anda ragu jikalau nantinya air akan surut dengan cepat. Surut itu sudah pasti tapi kalau sudah ada ikannya air tidak akan surut.

Keempat.

Isi kolam dengan air sebatas mata kaki kemudian taburkan pupuk TS secukupnya hingga rata yang gunaya untuk menggemburkan tanah.

Diamkan sampai air surut hingga kelihatan batas tanah kemudian ilas hingga seluruh bagian dasar kolam agar pupuknya bercampur rata dengan tanah.

Gunakan kayu panjang yang biasanya dipakai untuk plaster dinding untu meratakan dasar kolam. Biarkan hingga agak kering tapi jangan sampai dasarnya bengkak kemudian isi kolam dengan air kurang lebih setegah dari tinggi kolam.

Jangan diisi benih dahulu, karena busa dari pupuk belum hilang, biarkan hingga 5 hari, jika belum lima hari air kelihatan tambah volume airnya.

Label:

2 Komentar:

Blogger bambang mengatakan...

saya tertarik dengan kolam terpal....
mungkin lebih murah dari pada dengan di tembok....
saya mau tanya untuk kolam dengan terpal tersebut total biayanya brapa?
dan harus ganti terpalnya berapa lama...
terimakasih
eko - tuban

11 Oktober 2009 19.37  
Blogger bambang mengatakan...

maaf sebelumnya......
dengan ukuran kolam 6 x 8 bisa nampung berapa ekor

11 Oktober 2009 19.53  

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda